Kamis, 29 September 2011

BKN Regional Yogjakarta Awarded ISO9001:2008 International Reputation for Hingher Management Achievement

RAIH SMM ISO 9001:2008; LANGKAH AWAL INOVASI KANREG I BKN

Salah satu terobosan telah dilakukan oleh Kanreg I BKN Yogyakarta dengan diraihnya sertifikat sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001:2008. Dengan predikat ini, pelayanan yang dilakukan oleh Kanreg I BKN telah diakui sesuai dengan standart operasi internasional. Acara penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 diberikan langsung oleh Presiden Director QS CERT Arief Syawaladi selaku lembaga sertifikasi kepada Kepala BKN Edy Topo Ashari di ruang Aula Kanreg I BKN Yogyakarta Senin (26/9). Acara penyerahan sertifikat ISO disaksikan oleh Kepala Kanreg I BKN beserta para pejabat dan pegawai lainnya.

(Kepala BKN menerima sertifikat ISO 9001:2008 dari QS CERT didampingi oleh Kepala Kanreg I BKN Edy Wahyono SP dan dari pihak konsultan)

Dalam kesempatan tersebut Kepala BKN menyampaikan bahwa era sekarang ini tuntutan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kepegawaian yang berkualitas, prosedur yang jelas, cepat, tepat, dan akurat sudah menjadi hal yang mutlak. Tuntutan ini semakin lama semakin meningkat, sehingga tidak ada alasan sedikitpun bagi BKN untuk menunda diri dalam meningkatkan kualitas peningkatan pelayanan khususnya di bidang kepegawaian.

Berbicara masalah kepegawaian, pada saat ini tidak dapat dipisahkan dengan masalah pelayanan yang dilakukan oleh aparatur negara atau pemerintah. Pertanyaan “Sudahkah pelayanan birokrasi aparatur Negara mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat?” harus selalu dimunculkan. Hal ini untuk memacu serta memotivasi diri para aparatur pemerintah dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab masing-masing. Apalagi apabila pertanyaan tersebut dikaitkan dengan reformasi birokrasi dalam kerangka mewujudkan penyelenggaraan Good Governance.

Dalam proses sertifikasi saat ini, layanan Kanreg I BKN yang distandarkan dengan SMM ISO 9001:2008 meliputi dua bidang yakni Bidang Status Kepegawaian dan Pensiun (SKP) dan Bidang Mutasi, karena kedua bidang tersebut memiliki peran dan posisi yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan. Diharapkan kedepan dapat ditingkatkan ke seluruh bidang yang ada sebagai bagian dari komitmen Kanreg I BKN untuk selalu produktif dan lebih baik. Proses pelaksanaan audit sertifikasi itu sendiri telah dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Juli 2011 oleh tim QS Cert dengan Lead Auditor Ir. Azil Awaludin, MOHS.

Ir. Arief Syawaladi selaku Presiden Director dari lembaga sertifikasi QS Cert menyampaikan selamat atas diraihnya SMM ISO 9001:2008 oleh Kanreg I BKN Yogyakarta. Pencapaian ini sangat membanggakan karena selain dapat menstandarkan dua bidang sekaligus, juga mampu diraih dalam waktu kurang dari enam bulan. Dalam kesempatan itu pula disampaikan bahwa capaian ini bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan awal dari tugas baru yang lebih berat. “Dengan menyandang ISO, berarti sebuah organisasi harus bertanggung jawab akan pengakuan tersebut, juga harus ada improvement dalam pelayanan” ungkap Arief.

Dalam kaitan ini, Bidang SKP meng-ISO-kan 5 produk pelayanan yaitu; pelayanan penetapan Kartu Pegawai, Kartu Istri dan Kartu Suami, pelayanan SK Pensiun, pelayanan Mutasi Keluarga, pelayanan Cuti Diluar Tanggungan Negara (CLTN), dan pelayanan pengajuan NIP CPNS lebih dari 2 tahun. Sementara untuk Bidang Mutasi beberapa pelayanan yang di-ISO-kan adalah; pelayanan pemberian Nota Persetujuan Kenaikan Pangkat (NPKP), pelayanan Peninjauan Masa Kerja, pelayanan Pindah Instansi, dan pelayanan Mutasi Lain-lain.

(Kanreg I BKN berkomitmen untuk terus melakukan terobosan dengan
berbasis pada kebijakan mutu yang telah ditetapkan)


Dengan diraihnya sertifikat ISO ini, Kanreg I BKN berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan terobosan baru, sebagai penunjang dalam memberikan pelayanan yang semakin berkualitas. (Rdl)

Minggu, 11 September 2011

AQD TRAINING 2011

ANDALAN QUALITY DUNIA YEARLY TRAINING 2011

Block Your Calendar On September 2011to:

  • Share oil majors' QHSE experiences with proven records
  • Address your workplace QHSE by reducing work-related fatalities and accidents
  • Find out multidisciplinary approaches for early risk prevention
  • Enrich your knowledge of latest oil and gas QHSE concepts
  • Tap new QHSE plans to meet the higher standards
  • Yield handsome returns on most recent lessons of oil and gas industry disasters
 ANDALAN QUALITY DUNIA TRAINING SCHEDULE 2011

Block Your Calendar On September to:

  • Share oil majors' QHSE experiences with proven records
  • Address your workplace QHSE by reducing work-related fatalities and accidents
  • Find out multidisciplinary approaches for early risk prevention
  • Enrich your knowledge of latest oil and gas QHSE concepts
  • Tap new QHSE plans to meet the higher standards
  • Yield handsome returns on most recent lessons of oil and gas industry disasters